Cara Praktis Menyablon Diatas Kertas, Plastik & Kain

Cara Praktis Menyablon Diatas Kertas, Plastik & Kain di jakarta
Menyablon Diatas Kertas, Plastik & Kain

Cara Praktis Menyablon Diatas Kertas, Plastik & Kain


ALAT-ALAT DAN BAHAN BAHAN PELENGKAP YANG DIBUTUHKAN DALAM PROSES PENYABLONAN

A. Alat-alat dan kelengkapannya

1. Meja Cetak
Meja cetak merupakan salah satu alat utama dalam proses penyablonan, meja cetak harus dibuat dari bahan kayu yang berkualitas baik. tudak mudah berubah dan kuat, tentang ukuran meja cetak, tergantung pada kebutuhan, jika meja cetak itu hanya untuk mencetak benda-benda yang kecil, seperti bungkus kopi, bungkus kacang atau undangan yang kecil, maka mejanyapun cukup yang kecil. Tetapi kalu meja cetak itu digunakan untuk mencetak benda-benda yang besar, seperti mencetak baju, mencetak ID Card maka ukurannyapun harus besar. Untuk memperoleh gambaran ukuran meja cetak kita dapat membandingkan dengan ukuran bingkai screen yang akan dipergunakan

2. Bingkai/Screen
Dalam proses penyablonan peranan /bingkai sangat dominan sekali karena di bingkai itulah diletakan kain gasa/monil yang berisi gambar yang akan dicetak, gabungan antara bingkai dan kain gasa/monil (screen) itu disebut juga klise sablon. untuk memperoleh hasil penyablonan yang baik, maka bingkai itu haruslah maka bingkai tersebut haruslah terbuat dari bahan yang baik.

contoh ukuran bingkai/screen
30cm x 40 cm

3. Penyaput/Rakel
Penyaput adalah alat khusus dibuat untuk meratakan cat atau tinta di bidangan, sehingga gambar yang ada di bidangan dapat dipindahkan ke bahan yang akan disablon. Dalam istilah penyablonan, penyaput disebut juga RAKEL.

Ini merupakan penyaput yang terbuat dari kayu ditambah karet sintetik. karet sintetik ini memang sengaja dibuat khusus, sehingga mampu bertahan terhadap gesekan-gesekan dan larutan minyak, sedangkan kekuatannya biasanya 5 bulan bisa dipakai non-stop, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan maka ujung karet penyaput harus selalu dijaga karataan dan kelurusannya, apabila karetnya tidak rata maka hasil sablonnyapun tidak rata.

Perlu diingat bahwa alat penyaput/rakel ini harus senantiasa dijaga kebersihannya, setiap kali selesai digunakan harus dibersihkan dari tinta sampai benar-benar bersih hal ini untuk menjaga agar awet dan dalam penggunaan selanjutnya tidak mempengaruhi warna tinta apabila warna tintanya lain dari sebelumnya.

B. Bahan Pelengkap
Sesuai dengan kegunaannya, ada tiga jenis obat yang digunakan dalam usaha cetak sablon
1. Obat afdruk
2. Obat penghapus
3. Obat penguat

Selengkapnya Cara Praktis Menyablon Diatas Kertas, Plastik & Kain Klik Disini
Pusat Tali Lanyard di jakarta
Jasa Sablon Tali Lanyard

Sumber: www.taliidcardnilon.com


EmoticonEmoticon